Tuesday, September 28, 2004

Pengaruh lingkungan

Para ahli berkumpul untuk melakukan penelitian. Mereka manangkap 10 monyet liar dari hutan. Kemudian mereka ditempatkan dalam sangkar yang sempit. Sebagai bahan penelitian, digantungkan pisang dalam sangkar tersebut. Para monyet liar itu saling berebut ketika melihat pisang.

Selang beberapa bulan kemudian, kemewahan itu tak ada lagi. Begitu monyet-monyet mendekati pisang, si peneliti akan menyemprotkan air agar mereka menjauhi pisang itu. Minggu pertama, masih banyak monyet yang mencoba untuk mendekati pisang. Setelah satu bulan lebih, para monyet tersebut sudah tak lagi mendekati pisang. Tertanam dibenak para monyet bahwa pisang itu dilarang untuk dijamah. Mereka akan dihukum jika mendekatinya.

Kemudian 1 dari 10 monyet tersebut ditukar dengan monyet liar yang baru ditangkap. Melihat pisang tergantung, monyet baru mencoba mengambilnya. Rupanya 9 monyet lain yang sudah lama tinggal disitu berusaha mencegahnya. Ada yang memegang tangannya, ada yang memegang kakinya. Semakin kuat si monyet baru ini berusaha mengambil pisang, semakin kuat pula penghuni lama mencegahnya. Akhirnya setelah 2 minggu berjalan monyet baru ini hanya memandangi pisang itu dengan lirih.

Dua minggu kemudian satu monyet lama dikeluarkan dari sangkar dan diganti dengan monyet liar baru. Begitu melihat pisang tergantung, monyet baru memanjat berusaha mengambilnya. Tapi kejadian diatas terulang lagi. Monyet-monyet lain berusaha menghalangi monyet baru itu. Akhirnya setelah 2 mingguan monyet baru itu pun hanya bisa melihat pisang dengan pasrah. Begitu seterusnya sampai tak ada lagi monyet penghuni awal. Walaupun begitu, para monyet itu tidak ada yang berani mendekati pisang.

Kira-kira begitulah pengaruh lingkungan terhadap kita. Kalau kita masuk ke lingkungan yang memiliki pandangan yang sama dan kuat, maka lama kelamaan kita akan seperti mereka. Jika orang yang baik dan bersih masuk ke dalam lingkungan kerja yang penuh dengan KKN, jika tidak segera hijrah maka lambat laun dia akan memiliki dan bersikap seperti mereka.

No comments: